Rabu, 03 September 2008

Belajar Kungfu (dari) Panda (III)

Martial Art adalah sesuatu yang menarik untuk dipelajari, lebih menarik lagi jika kita mempelajarinya dari seekor PANDA besar bernama Po di Valley of Peace.

Dan pelatihan pun dapat kita mulai......

THE SECRET IS NOT A SECRET

Setelah menjalani serangkai latihan berat, saatnya bagi Po menerima gulungan yang memuat rahasia dari The Dragon Warrior, ketika gulungan itu dibuka, ternyata Po tidak menemukan tulisan apapun di dalam gulungan tersebut. Gulungan itu hanya berupa lempangan logam yang memantulkan wajahnya. Sejenak ia kecewa dan muncul keraguan, kalau-kalau ida tak dapat mengalahkan sang Leopard Salju yang jahat, kalau-kalau ia memang hanya cocok menjadi seorang penjual mie.
Sampai akhirnya ia menemukan Pencerahannya....
Melihat dalam-dalam gulungan itu, pantulan wajah Po akhirnya berkata bahwa rahasia itu ternyata terletak dari dalam diri Po sendiri dan Po menemukan kembali jati dirinya.

Kita sering mencari kekuatan-kekuatan yang berada di luar diri kita untuk menopang diri kita (praktek mencari dukun, ahli nujum, ahli primbon dan sejenisnya adalah salah satu bentuk ketidakyakinan diri kita terhadap kekuatan diri kita sendiri)
Kita semua tahu, rahasia menuju kesuksesan (yang sebenarnya bukan rahasia lagi), yaitu kekuatan dari dalam diri kita sendiri. Diri kita sendirilah yang mampu membuat kita berhasil dalam mengarungi lautan kehidupan ini.
Saya kembali teringat sebuah memory lama ketika masih di bangku Sekolah Menengah Atas di kota Medan, waktu itu salah seorang temanku adalah juara umum di angkatan kami. Seperti biasa, kami mengikuti kegiatan lari di lapangan olahraga, usai berolahraga sang juara umum ini kelihatan sangat gelisah, ada kecemasan luar biasa yang terpancar dari raut mukanya. Ketika kami tanya, ternyata ia kehilangan JIMATnya(dalam arti sebenarnya) ketika sedang berolahraga, dan jimat itu adalah pemberian orang pintar, ia takut dengan hilangnya jimat itu akan mempengaruhi dirinya dalam mempertahankan sabuk juara umumnya, ia takut dengan hilangnya jimat itu akan mempengaruhi kesehatan dan keselamatan dirinya.


Nyatanya....
Teman saya ini tetap juara umum, dan bahkan hari ini ia telah menjadi salah satu dokter di Malaysia.
Lalu, JIMAT itu mungkin seperti Gulungan rahasia itu, kalau saja kita membuka JIMAT tersebut, kita mungkin akan menemukan pantulan wajah kita di sana, kekuatan sesungguhnya dari seorang Dragon Warrior yang tersembunyi dalam diri kita sendiri.
Saatnya untuk membangkitkan ENERGI dari Sang Juara dan itu dimulai dari diri kita sendiri.


HAPPY ENDING
Satu rangkaian cerita telah berjalan mengikuti alurnya, akhirnya Po, si Panda besar berhasil mengalahkan Tai Lung dalam pertarungan yang melelahkan.
Dan Valley of Peace pun kembali dalam kedamaian.

Setiap cerita tentu ada akhirnya (sekaligus permulaan bagi yang baru), demikian juga hidup ini, tidak ada yang kekal (yang kekal adalah ketidakkekalan itu sendiri), setiap peristiwa yang diawali tentu akan diakhirnya.

Ada dua pembelajaran sebagai penutup dalam cerita ini:
1. Pada Saat kita menghadapi kesulitan dan problem
Karena setiap cerita pasti ada akhirnya, maka bagaimanapun kesulitan kita, semua pasti akan usai juga, yang perlu kita lakukan adakan mengasah diri kita agar lebih kuat dan kokoh, dan kita akan tumbuh sebagai Naga setelah cobaan itu telah kita lalui.
2. Pada Saat kita mendapat kejayaan
Karena setiap cerita pasti ada akhirnya, maka bagaimanapun kejayaan yang kita dapatkan, kita jangan sampai lengah dan bersombong diri, kita harus siap kalau-kalau lampu kita mulai redup, sehingga ketika cobaan itu datang, kita telah siap melaluinya.

Dan akhirnya kita juga dapat menaklukkan Tai Lung, Sang Leopard Salju (yang sebenarnya juga diri kita sendiri)

Tidak ada komentar: