Selasa, 02 September 2008

Belajar Kungfu (dari) Panda (I)

Martial Art adalah sesuatu yang menarik untuk dipelajari, lebih menarik lagi jika kita mempelajarinya dari seekor PANDA besar bernama Po di Valley of Peace.

Dan pelatihan pun dapat kita mulai......

RAMALAN MENJADI KENYATAAN
Cerita ini diawali dengan ramalan dari Sesepuh, Sang Kura-kura akan kemunculan kembali Snow Leopard, Tai Lung sang Tirani yang akan mengancam keselamatan desa Valley of Peace.
Mendengar ramalan itu, guru Shifu seperti kebakaran jenggot, ia segera memerintahkan si angsa untuk memastikan bahwa Sang Leopard Salju masih terkurung rapat dalam Penjara super ketat tersebut. Ternyata kedatangan sang angsa malah memberikan kesempatan bagi Leopard salju untuk membebaskan dirinya, Tai Lung berhasil melepaskan rantai yang membelenggunya dengan sehelai bulu angsa yang terlepas, dan akhirnya Tai Lung bebas setelah mengalahkan ribuan Rhino yang menjaga penjara super ketat itu.
Ramalan Sang Sesepuh kura-kura pun menjadi KENYATAAN.

Hal ini menarik karena dalam kehidupan sehari-hari kita menjumpai hal yang sama terjadi pada diri kita, pengalaman pribadi ini mungkin salah satunya.

Peristiwa ini terjadi beberapa sebelum hari Valentine di tahun 1990an (saya tak ingat persis waktunya), Teddy begitu nama pria tampan ini (kebetulan pria ganteng ini adalah teman seangkatan saya di teknik sipil) diberitahukan untuk hati-hati pada hari itu, ada bahaya di jalan untuk shio kerbau. Demikianlah kira-kira kalimat yang tertulis di sebuah kalender Chinese, yang secara kebetulan dibacanya.
Sejenak, nyalinya tiba-tiba menciut, ia bahkan tak berani keluar ketika kami ajak untuk kumpul bersama di rumahku, dikuatkannya kembali pernyataan itu lewat mulutnya “SAYA TAK BOLEH KELUAR RUMAH, ADA BAHAYA UNTUK SHIO KERBAU, SAYA KHAN SHIO KERBAU”
Kadang-kadang Cinta memang bisa membuat orang memiliki keberanian kembali, dengan dorongan untuk memberikan hadiah untuk kekasihnya, akhirnya ia beranikan diri untuk keluar (Walau dengan scenario, ia cukup membawa kereta roda duanya ke rumah teman, temanku yang lain yang akan membawanya keliling mencari kado valentine tersebut).

Lalu apa yang terjadi selanjutnya?
Si Teddy benar-benar terjatuh, ia terluka cukup serius karenanya.
Pada saat kami kunjungi, ia berkata “RAMALAN DI KALENDER ITU TERNYATA JITU, SAYA MEMANG TIDAK BOLEH KELUAR, BUKTINYA SAYA TERJATUH KARENA TIDAK MENGINDAHKANNYA”

Waktu kembali berlalu, tepatnya setahun yang lalu, ketika si Teddy menemuiku dan memperkenalkan sebuah buku dahsyat berjudul “THE SECRET” karya Rhonda Byrne, segera Teddy mencabut pernyataan lamanya dan mendeklarasikan penyataan barunya, katanya “Saya baru teringat sekarang, dulu ketika saya terjatuh, semua ini karena kekuatan pikiran saya, saya menarik kejadian itu dengan pikiran saya”

Saya lebih setuju dengan pernyataannya yang kedua kalinya, Law of Attraction telah membawa kejadian itu menimpanya. Ketika pikiran kita memakluminya, pikiran kita segera menciptakan keinginan alam bawah sadar kita menjadi KENYATAAN.
Semua ini terjadi atas dasar Keinginan kita sendiri, dan Ramalan pun menjadi Kenyataan.
Jadi, mari kita pikirkan hal-hal yang indah dan membahagiakan, karena pikiran kita akan segera menarik KEBAHAGIAAN dalam hidup ini.


SEMUA BERAWAL DARI MIMPI
Sementara itu, di sebuah rumah makan mie di Valley of Peace, terlihat seekor panda besar sedang tertidur dengan lelapnya. Po namanya, dalam tidurnya ia bermimpi menjadi seorang pendekar yang hebat, yang mengalahkan setiap musuh-musuhnya. Ketika Po terbangun, ia kembali ke dunia nyata sebagai seorang anak dari penjual mie di desa tersebut. Lalu ia berkata “Sepertinya saya sudah menemukan impian saya” (Akhinya Po memang berhasil menjadi seorang Dragon-Warrior, menjadi pendekar yang mengalahkan penjahat Tai Lung)
Mimpi Po akhirnya membawanya menjadi Dragon Warrior

Kreasi-kreasi besar selalu muncul dan bermuara dari Impian, ketika Wright bersaudara menciptakan pesawat terbang untuk pertama sekalinya, mereka juga bermimpi suatu saat dapat terbang ke angkasa seperti burung. Impian besar mereka akhirnya membawa nama mereka melambung tinggi. Penerbangan itu hanya berlangsung 12 detik,"Lapor Orville Wright. "Walaupun begitu, inilah penerbangan pertama dalam sejarah dunia, ketika sebuah mesin yang membawa manusia telah mengangkat dirinya dengan dayanya sendiri ke udara dengan benar-benar terbang, dan melayang maju tanpa berkurang kecepatannya, serta akhirnya mendarat di satu titik yang sama tingginya dengan titik berangkatnya."
Lalu, ketika kita dihadapkan pada hidup kita sendiri, apakah kita telah memiliki mimpi-mimpi besar yang ingin kita wujudkan?
Karena impian akan membuat kita memiliki Goal (Tujuan) dan arah.
Ironisnya, banyak di antara kita yang untuk bermimpi saja tak berani, padahal biaya untuk bermimpi itu adalah GRATIS, kita tidak mengeluarkan satu sen pun memunculkan impian-impian dalam benak kita. Ironisnya lagi, ketika impian kecil dan impian besar sama-sama free of charge, kita malah tak berani untuk bermimpi BESAR.

Saatnya bagi kita untuk BERMIMPI BESAR, sebesar YANG SANGGUP KITA PIKIRKAN.
Dan ketika Mimpi-mimpi indah itu telah muncul di benak kita, yang diperlukan berikutnya adalah Tekad dan Keberanian untuk menwujudkannya menjadi Nyata.
(Lihat si Po yang hanya anak penjual mie, tapi ia berani bermimpi menjadi seorang pendekar. Dan kita pun dapat belajar darinya, belajar bermimpi menjadi seorang Dragon-Warrior)


Tidak ada komentar: