Rabu, 17 Desember 2008

Pikiran Sehat

Fakta menunjukkan bahwa, Kita hampir tidak pernah lupa untuk menjaga kesehatan Jasmani kita, kita memberikan makan padanya 3 kali sehari, kita mandikan dan bersihkannya setiap hari, kita tahu ketika tubuh ini akan sakit, kita tahu ketika jasmani ini tidak sehat. Bahkan sedikit bau badan saja sudah tercium dan terasa tidak enak.

Tapi, Apakah kita juga tidak pernah lupa menjaga kebersihan Pikiran kita? Tapi, apakah bau amis dan tak enak dari sampah-sampah pikiran tercium dan terasa oleh kita?
Kita sering dihinggapi rasa cemas, cemburu, iri hati, marah, benci dan putus asa, yang menghajar kita tanpa kita MAU mengelaknya, dan bahkan membiarkan hal itu perlahan-lahan mengerogoti pikiran kita. Kita biarkan sampah-sampah itu bertumpuk kian hari kian meninggi.

Dan akibatnya kita menderita, ironisnya kadang penderitaan itu kita transfer kepada yang lain, dengan ikut melukai hati dan perasaan mereka dengan rasa cemas, cemburu, iri hati, marah, benci dan putus asa. Lalu terbentuklah semacam siklus penderitaan yang tiada hentinya, berputar dan terus berputar, sampai ada individu yang memutuskan rantai penderitaan itu dengan energy positif yang dipunyainya.
Dan untuk itu, diperlukan PIKIRAN yang SEHAT.

Salah satu penyebab mengapa penyakit pikiran sekarang ini begitu gampang menyerang pertahanan kita adalah bahwa dalam kondisi mondernisasi ini, hidup kita dipenuhi dengan banyaknya tekanan kebutuhan, berita-berita di TV dan koran pun meluncurkan cerita-cerita sedih yang cenderung negative (kekerasan, kerusuhan, bencana alam dan berita duka lainnya seakan menjadi sarapan pagi kita, tanpa terasa menyusup jauh ke dalam alam bawah sadar kita, menjadi bagian dari diri kita)
Secara perlahan tapi pasti, pikiran kita tergerogoti, kita tumbuh menjadi orang yang menderita penyakit pikiran, fenomena ini hampir seperti perangkap “COMFORT ZONE”, kita tak menyadari bahwa kita telah terjangkit penyakit itu, ketika disadari, kita hampir tak punya kekuatan untuk melawannya, dan segera kita menjadi bagian dari kerusakan itu.
Saatnya untuk berbenah diri, saatnya untuk menjaga kesehatan dari Pikiran kita.
Seperti juga kesehatan jasmani, maka untuk menjaga kesehatan pikiran jika juga harus memberikan makanan yang bergizi dan bervitamin, makanan empat sehat lima sempurna.
Sehat pertama adalah mendengarkan kata-kata indah, kata-kata yang memotivasi, kata-kata yang mencerahkan, inilah obat untuk pikiran yang mampu membendung derasnya arus negatif.
sehat kedua adalah melakukan hal-hal yang mendatangkan kebahagiaan dan melapangkan dada kita, dengan semakin terbiasanya kita melakukan hal tersebut, kita akan segera menerima konsekwensinya yaitu “KEBAHAGIAAN”
sehat ketiga adalah berteman dengan orang-orang yang menjadi sumber pencerahan dan menjauhi sumber kata-kata negatif.
sehat keempat adalah melakukan perenungan, dengan perenungan kita akan semakin dewasa dan sadar.
Dan akan menjadi lima sempurna dengan rasa syukur dan DOA.
Lalu pikiran kita pun akan sebening air, sehat dan menyegarkan, bukan saja menyegarkan diri sendiri, tapi juga menyegarkan bagi orang lain.
Selamat mencoba, semoga kita dapat saling menjaga kebersihan dan kesehatan Pikiran kita.
Salam Sukses Selalu
Seng Guan CPLHI

Tidak ada komentar: